Penjelasan Umum PPOB

Sistem informasi diibaratkan sebagai aliran darah yang mengalir di dalam tubuh suatu perusahaan/Instansi, sehingga informasi ini sangat penting bagi perusahaan/Instansi. Suatu sistem yang kurang mendapatkan informasi akan menjadi luruh, kerdil dan pada akhirnya akan berakhir pula. Sumber informasi adalah data, data merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan kesatuan yang nyata, kejadian-kejadian tersebut merupakan sesuatu yang terjadi pada saat tertentu. Di dalam dunia bisnis, kejadian-kejadian yang nyata dapat sering terjadi yaitu perubahan dari suatu nilai yang disebut dengan transaksi.

Untuk memenuhi kebutuhan informasi yang cepat dan akurat, maka diperlukan upaya pengembangan sarana pengelolaan data dan informasi, dimana secara prinsip sarana yang dikembangkan tersebut nantinya akan dapat merubah metode pengelolaan data konvensional menjadi metode modern melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi.

Alasan pemanfaatan teknologi informasi ini antara lain karena teknologi inilah yang paling tepat untuk dipergunakan sebagai sarana pengelolaan data dan informasi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan informasi, khususnya informasi yang menyangkut dengan kegiatan manajemen pelayanan pelanggan yang berfokus kepada komitmen layanan berbasis teknologi informasi secara ”On Line”.

Berkaitan dengan kegiatan bisnis diatas dan diimplementasikannya program PT.PLN (persero) Pusat P2APST untuk mengalihkan Pola Payment Point Konvensional ke Payment Point Online Bank, dengan pola Kemitraan Bank secara aman, nyaman, flexibel, otomatis, lintas batas, berkualitas dan berkonsep “Layanan Outlet Dekat Dengan Pelanggan” sebagai upaya meningkatkan layanan prima pembayaran rekening listrik dan Rekening Tagihan lainnya kepada pelanggan. Untuk itu kiranya kami bermaksud menawarkan konsep kerjasama kemitraan pembukaan layanan Outlet Rekening Listrik dan Rekening lainnya (Telkom,Voucher Elektronik, PAM, Pajak)  PPOB Bank Mandiri Syariah

Secara sederhana PPOB adalah Payment Point Online Bank, salah satu system mekanisme pembayaran tagihan listrik PLN yang lebih aman, mudah dan murah. PPOB merupakan layanan pembayaran tagihan listrik dan tagihan lainnya secara online real time sehingga proses rekonsiliasi data dan dana bisa lebih cepat dan akurat.

PPOB diselenggarakan PLN bekerjasama dengan perbankan. Pelanggan dapat membayar di mana saja, kapan saja dan dengan cara apa saja melalui Delivery Channel (ATM, Teller, Autodebet, Internet Banking dll).

Berbeda dengan SOPP (Semi Online Payment Point), yang melakukan penyetoran ke rekening receipt PLN dengan membawa uang cash langsung, SOPP ada delay waktu dalam proses rekonsiliasi data dan dana.

PPOB tidak hanya lebih memudahkan layanan bagi pelanggan, namun juga memiliki multiflier effect yang luar biasa bagi masyarakat luas, dengan membuka peluang usahabaru dan pemberdayaan ekonomi kecil.

Kedepannya PPOB berlomba-lomba menjadi yang terlengkap fitur pelayanannya dan termudah dalam pengoperasiannya.